Minggu, 12 Juli 2009

toko buku kita....

catatan : posting di bawah ini dah pernah gw masukin di fesbuk. walopun gak semua.karena ada banyak yang gw edit.

Ga tau kenapa sekarang ini gw jadi seneng banget beli buku.baca ya: doyan beli buku,bukan kutu buku.tiap ke toko buku liat buku bagus,baca resensi di belakangnya..beli deh.begitu sampe rumah..dibaca..dibaca..wah boring.langsung gw cut walopun belon selese.

Coba ya seandainya gw bisa mengexplore buku yg mau gw beli,gw gak akan terjebak beli buku jelek yg akhirnya cuma menuh2in rak buku gw yg dah ampir rubuh.bingung mau diapain buku2 itu.pernah loh buku yg baru gw beli (klo ga salah judul nya kcb) baru juga gw baca,ternyataaa...huh,padahal lumayan mahal.tp daripada mubazir gw kasih tu buku ke temen.

That's why gw amazed banget wkt temen gw rini ngajakin ke toko buku Times.. tempat nya cozy banget.harap maklum yah,di tempat gw tinggal skr ini emang ga ada toko buku begitu,mungkin klo yg tinggal diseputaran jakarta ada toko buku yg (mungkin) sama cozy nya,gw ga tau.secara gw juga bukan orang yg doyan jalan2 ke jakarta.kata temen gw ada kafe di kemang yg namanya klo ga salah aksara ya?itu kafe plus toko buku jg kah?well, never been there...!

kembali ke cozy nya toko itu (Times)..you know, mereka naro banyak bantal di tengah2 atrium toko buat kita baca buku.nyaman deh.semua buku impor, bahasanya roaming.harganya?jangan di tanya!tapi worth banget kok sama buku yg kita beli.ni toko lengkaaaabbbhh banget.gw (sempet) liat kemaren semua buku nya stephen king ada, termasuk buku2 yg udah di film in.yaahh,berhubung wkt itu gw lagi bokek berats.so cuma bisa liat2 doang sambil ngarep di beliin buku sama rini ha..ha..
*padahal mungkin saat itu dia berharap yg sama juga ke gw he..he..*

Tapi tetep yah gw gak bisa baca dgn nyaman karena saat itu gw pake kaos pendek terkutuk yg bikin gw gak enak duduk duduk, karena harus nutupin bagian belakang.ughh!

bener2 toko buku khusus untuk pecinta buku,bukan untuk window shopper doank.kita tertarik,baca buku di situ,isi nya bagus di beli deh.that's the real book shop for the real book lovers!

Coba bandingin sama toko buku kita di sini.
*maksut gw toko yg ada di seputaran gw tinggal* kebanyakan toko nya sempit.udah sempit masih harus di isi dgn tumpukan buku pula (biasanya di tumpuk di tengah ato pintu masuk toko)..yang tulisannya klo enggak 'best seller' pasti 'buku baru' ato malah buku obralan..klo mau lewat di alley rak nya..entah karena emang sempit ato krn rame bangeett..kita lewatnya kudu banyak ekstra 'misi' klo enggak ya harus mau adu bokong sama pengunjung lain.

Klo pas lengang dikit,kaki pegel jangan harap tetep bisa nyaman baca
karena tempat duduk nya pasti (tetep) penuh. jangan harap juga bisa lesehan di lantai..sering sih gw nyoba demprok di lantai. baru sebentar dah dateng sekuriti: 'bu,maaf jangan duduk di lantai'
Idih!! pokoknya bokong ga boleh nyentuh lantai,klo cape ya silahkan jongkok sampe penuh eh sampe pegel.kutu banget kan??

Karena kepelitan mereka akan kenyamanan tempat buat baca gw sering jadi korban beli buku jelek.oke, di matraman emang ada toko buku gede yg yaaahh lumayan lah.space nya luas,alley di rak nya gak akan bikin kita adu bokong dgn pengunjung lain.tapi tetep aja kurang cozy.ada memang tempat duduk panjangnya,gw dah pernah nyoba baca sambil duduk..krn postur badan gw yang gak jangkung kok gw ngerasa ga nyaman ya dgn jatuhnya kaki ke bwh,bikin pegel.pernah nyoba duduk sila di bangku nya karena kebetulan kosong *he..he..ini cari nyaman,nekat apa ga tau malu yak?*..tapi sekuriti ma karyawannya ngliatin gw.mereka sih gak negur cuma bahasa matanya kayanya ngemeng gini:'ini cewe duduk kaya di warteg,tau gak sih dia klo ini toko buku.sopan plisss...'
Klo dah gitu biasanya gw malah langsung cabut dan pulang,tanpa beli buku.

So,gw berkesimpulan klo toko buku itu komersil banget.mereka ga mau toko nya jadi perpustakaan,just toko:gw jual,lu beli...Gw 'protes' begini bukannya sok ato apa..mereka emang perlu dibeli buku nya.tapi apa lacur klo yg mereka jual ituh novel kacangan yg mubazir kita beli dan akirnya cuma bikin penuh rak buku gw.

Talk about buku jelek,sekarang ini orang2 kita pada kreatif yah? gampang banget kayanya buat mereka bikin buku..klo buku nya mutu sih it's ok..lha ini kebanyakan novel picisan yang gak bermutu. Heran kenapa mereka tuh pede banget ya bikin buku? hmmm..pantesun toko buku nya pelit buat kita baca enak. lha wong yang dijual buku jelek. mau gak mau kan kita harus beli. padahal setelah di beli nyesel nya setengah mampus.

Sekali lagi bukannya gw sok,tp klo beli buku yg kita ga tau isi nya itu dan setelah kita beli ternyata isi nya jelek banget tuh gak enak sekali.abis dibeli mau dibuang sayang,gak di buang cuma bikin sumpek rak,mau gw kasih..emang ada yg mau gitu?secara bukunya jelek.mau gw jual dilarang sama suami.

Trus maunya gw apa sih?sori,tapi gw bukan model pembeli yg cuma numpang baca gratis.sekali lagi,Klo tempatnya cozy,kita bs baca dgn enak dan tau isi bukunya bagus..TETEP DAN PASTI GW BELI..walopun gw baca nya di toko itu ampe hal penutup.karena apa?karena gw cinta banget sama buku yang bermutu.mau harganya mahal kek,tebel nya ngalahin batu kali kek,ato cuma tinggal satu gitu (misalnya) buku nya dah lecek..pasti tetep gw beli.

Komik strip Beni mice buktinya?gw khatam baca di toko buku cuma sekali visit (sambil bediri of course) tp krn buku nya bagus ya..tetep gw beli.buku bagus menurut gw,adalah buku yg bener2 bisa kasih inspire ke kita,dgn cerita yg ga biasa.dan bisa enjoy gw baca 2 ato 3 kali.

Gw punya keinginan neh...klo nanti gw kaya,gw mau bikin toko buku buat pecinta buku.gw kasih tu fasilitas se-nyaman mungkin.biar pembeli senang.silahkan baca dgn enjoy,klo suka silahkan di beli.gak suka mohon jangan dirobek2.

Gak kuatir pengunjung cuma numpang baca doang?enggak.karena yaa itu,klo seseorang suka banget sama buku nya walopun dah baca pasti dibeli.

Gak kuatir bakal rugi?oohh,gpp kan gw ngayal nya klo gw kaya.dah kaya toh,kenapa harus takut rugi?namanya juga ngayal....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar