Jumat, 17 Mei 2013

Those Embryos......

Pagi-pagi udah mellow sangat ingat program IVF setahun yang lalu. Ingat embrio-embrio yang udah dihasilkan dari IVF kemarin. Dari sejumlah 17 sel telur yang dikawinkan dengan sperma,dihasilkan 11 embrio dengan 2 embrio excellent yang ditransfer dan 9 sisanya dibekukan. Kemudian dilakukan pembekuan embrio dengan jangka waktu 6bulan,biaya per bulannya sebesar Rp 500,000 setelah 6 bulan sampai dengan sekarang gw belum confirm lagi ke Klinik Yasmin mengenai embri-embrio tersebut. Suami bersikeras untuk kami melakukan mentenens pembekuan, artinya hubungi rumah sakit dan melakukan pembayaran untuk pembekuan.

Masalahnya adalah, kondisi keuangan yang sulit dari kami saat ini. Kalaupun ada uang gw lebih memilih untuk keperluan sehari-hari. Belum tau deh gimana kabar nya embrio-embrio itu, barangkali sudah didestroy oleh pihak Klinik. Ya Alloh, ampuni hambaMu yang sangat songong dan tidak tau diri ini. Kami sudah mendzolimi Mu,mendzolimi ciptaanMu. Gak sangka beban mentalnya sebegini berat buat gw, masalahnya adalah kondisi keuangan kami yang tidak memungkinkan. Bukannya gw gak sayang, tapi apa mau dikata sungguh-sungguh gw dan suami gak tau apa yang harus kami lakukan.

Gw pernah googling dan baca (lupa refererensinya) bahwa, selama itu belum menjadi janin maka jika embrio-embrio tersebut tidak dipergunakan (dibuang) di mata agama hal tersebut dibolehkan. Mungkin hal ini menjadi acuan gw untuk sebuah pembenaran. Bagaimanapun beban mental itu masih sangat gw rasakan,perasaan berdosa yang teramat sangat dan sangat. Gimana tidak, dari program yang gw dan suami jalani tujuannya kan untuk mendapatkan anak. Setelah calon anak (embrio) ada, maka kami buang sisanya karena tidak sanggup kami merawatnya. Astaghfirulloh, orang tua macam apa gw dan suami ini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar